Blog Tutorial

Tutorial Blog, Cheat Games, Tutorial Ponsel, Tutorial Komputer, Tutorial Browser

Kamis, 22 April 2010

Belajar CSS

Kategori : ,
Belajar CSSCascading Style Sheets (CSS) adalah salah satu bahasa yang di pergunakan untuk mengatur tampilan WEB atau Blog yang di tulis dalam bahasa markup (Bahasa alien kale crazy). Pwnggunaan CSS dalam WEB atau blog dapat memperindah dan mempercantik tampilan dari suatu WEB atau Blog dan apabila penggunaan javascript dapat di gantikan dengan CSS maka blog tersebut memilik size yang tidak begitu besar jadi WEB atau Blog sobat akan menjadi lebih ringan.

Disini saya akan menerangkan CSS properti yang biasa digunakan dalam blog namun yang saya ketahui saja sih jadi kalau kurang lengkap sobat bisa cari di mbah Google sekarang mari kita lihat ke bawah untuk mengetahui Properti CSS.
  1. Background => warna latar belakang, biasanya disi dengan kode warna seperti #ffffff atau dengan gambar : url (alamat gambar).
  2. Color => Warna dari Teks yang ada di blog, biasanya diisi juga dengan kode warna namun menurut saya tidak baik kalau menggunakan gambar.
  3. Font-Size => Ukuran dari sebuah huruf, biasanya diisi dengan angka dan satuannya Pixel (PX) atau dengan em seperti : 20 px atau 20 em.
  4. Font-family => style dari sebuah teks atau bisa juga disebut dengan Jebis Huruf, jenis teks yang familiar dan yang saya ketahui hanya : Verdana, Arial, Tahoma, Sans-serif, Georgia, Courier, Lucinda Grande, Times, Trebuchet dan Webdings.
  5. Font-Weight => Ketebalan Huruf, untuk mengsinya biasanya di gunakan : Normal, Bold, Italic, bolder, light dan lighter.
  6. Text-Align => Posisi perataan Kata atau kalimat, diisi dengan : Left (rata kiri), Center (rata Tengah), Right (rata kanan), dan Justify (rata kiri dan kanan).
  7. Text-Transform => mengatur huruf menjadi kapital pada kalimat, Nilainya adalah : Lowercase (huruf kecil semua), Uppercase (huruf besar semua) dan Capitalize (Huruf besar pada awal setiap kata).
  8. Text-decoration => dekorasi dari teks, yang diisi dengan : Blink (Tulisan dapat berkedip), Underline (Tulisan bergaris bawah), Line-trought (Tulisan tercoret), dan Overline (Tulisan bergaris atas).
  9. Line-height => Tinggi dari suatu tulisan, biasanya diisi dengan angka dan satuan Pixel (PX) dan EM.
  10. letter-Spacing => mengatur jarak spasi antar teks, diisi dengan angka dan satuannya pixel (PX) atau em.
  11. List-Style-Type => bisa disamakan dengan bullet yang ada di microsoft Office, bisa diisi dengan : circle (bulat), disc (bulat bolong tengah), dan square (berbentuk kotak).
  12. Border => garis, biasanya diisi dengan angka dengan satuan pixel dan em.
  13. Width => panjang, panjang dari suatu objek, biasanya diisi dengan angka dan satuannya pixel dan em.
  14. Height => lebar, lebar dari suatu objek, biasanya diisi dengan angka dan satuannya pixel dan em.
  15. Float => letak dari suatu objek, ini hampir sama dengan text-align namun kalau text-align menentukan letak dari sebuah teks dan kalau Float menentukan dari suatu objek.
  16. Overflow => penggunaan scroll apabila suatu objek kepanjangan biasanya dia didukung dengan Max-Height, bisa diisi dengan auto.
Nah mungkin hanya sekian saja dulu dari Belajar CSS-nya yang bisa saya bagikan kalau sobat ada yang mengetahui lebih dari yang diatas tolong di bagikan juga y biar saling sharing oke, saya akhiri saja y. Terima kasih Terima Kasih Dan Happy Blogging nananana.
Bagikan Artikel : Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

19 Komentar untuk Belajar CSS

aq juga masih belajar kok sob, belajar d sini gt

mantabh tu infonya

cie cie yg sudah bs css...uhuy prikitiw...
nice nice

Banyak juga properti CSS. Jadi mulai mengenal lewat blog ini

Salam ukhuwah

wah blognya keren sob..

Mantab infonya, tambah lagi pengetahuan ane...hehe

mantap mas infonya........

ilmu ini banyak yg nayri (terutama buat saya yg newbie)

:14: belajar lg deh

infonya bermanfaat kawan, thanks...

assalamualaikum

wah sedikit2 saya belajar CSS ni

terima kasih ya sob

oya kawan link sudah saya pasang, mohon segera di pasang

komplit! tinggal apilkasikan di temlte baru nanti.. :)

:4: sob dah kasih infonya. tambahin donk, ane dah tau kalo yg diatas :10:

makasih infonya,,
saya datang dari google.
datang tak dijemput pulang tak di liat..
maaf gannggu...
visit me back :)
http://jakazulham.blogspot.com

Banyak ilmu yang saya dapatkan disini, terimakasih dan salam ukhuwah wahai sauadaraku.

sangat membantu,, terima kasih penjelasan CSSnya,,

hadoh bahasa internet aneh2 bae geuning atuh :D