Blog Tutorial

Tutorial Blog, Cheat Games, Tutorial Ponsel, Tutorial Komputer, Tutorial Browser

Jumat, 02 Juli 2010

Merubah Posisi Elemen Postingan dan elemen Sidebar

Kategori :
Merubah Posisi Elemen Postingan dan Elemen Sidebar. Tata letak dalam template sangat penting dalam mendesain sebuah template agar template tersebut membuat nyaman kepada pengguna, pengunjung, dan paling penting Search Engine. Tata letak dalam template dapat mempengaruhi kecepatan blog dan kata master-master seo juga tata letak mempengaruhi template yang seo friendly.

Sekarang saya akan membahas bagaimana Cara Merubah Posisi Elemen pada Template yang lebih tepatnya sih merubah posisi elemen post dengan elemen sidebar. biasanya pada Tata letak template default dari blogger, elemen post berada di kiri dan elemen sidebar berada di kanan, nah disini saya akan membalikan posisi tersebut yang dimana elemen post berada di kiri menjadi di kanan dan elemen sidebar berada di kanan menjadi di kiri. Sekarang kita lihat langkahnya yuk.

Langkah pertama kita masuk ke blogger dengan menggunakan ID sobat sendiri. Setelah itu masuk ke halaman Rancangan trus Edit HTML, oiya sebelumnya kita lihat dulu screenshout elemen yang belum di rubah


Di atas adalah posisi default pada template blogger minimalist, setelah berada pada edit HTML cari main-wrapper dan Sidebar-wrapper, nah pada main-wrapper dan Sidebar-wrapper mempunyai beberapa atribute salah satunya ya itu float, nah float ini lah yang menentukan posisi dari elemen keduanya, mungkin nilai dari float main-wrapper dan Sidebar-wrapper pada template minimalist tersebut masing-masing adalah $startSide dan $endSide. Menurut variabel $startSide menunjukan posisi di kiri dan $endSide menunjukan posisi di kanan, sekarang kita tukar nilai tersebut yang tadinya main-wrapper mempunyai atribute Float dengan nilai $startSide kita ubah dengan $endSide dan Sidebar-wrapper mempunyai atribute Float dengan nilai $endSide kita ubah menjadi $startSide.




Sekarang kita simpan, setelah menyimpannya coba sobat lihat pada elemen halaman berubahkah posisi elemen yang tadi kita rubah? kalau berubah mungkin posisinya hampir sama dengan gambar yang di bawah ini


Sebenarnya Main-Wrapper dan Sidebar-Wrapper kalau pada template yang tidak menggunakan variabel mempunyai atribute float dengan nilai left ataupun right, namun karena untuk memudahkan memodifikasinya maka blogger memberikan variabel, dan apabila pada template sobat tidak mempunyai variabel, silahkan tukar saja dari masing-masing atribute float beserta nilainya.

Mungkin hanya segitu saja yang bisa saya jelaskan, kalau sobat mengalami kesulitan silahkan tinggalkan pesan di kotak komentar dibawah ini. sampai ketemu di kesempatan berikutnya. Terima kasih dan Happy blogging.
Bagikan Artikel : Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

20 Komentar untuk Merubah Posisi Elemen Postingan dan elemen Sidebar

pertamax...
:)
hehe...
mantap mas postingannya...
bisa lebih seo friendly...

@jaka zulham >> walah klo aku g ngerti yang namanya seo-seoan....

oke ni triknya. .
seperti nama blognya . .

jadi cara merubah dari kanan kekiri yang diatur di sidebar wrapper n main wrappernya,, makasih kang

@m_chandra >> ckckck bisa aja nie...

@Allie >> iya, tepatnya nilai dari atribute float

trik yang menarik..bikin cantik blog..thx share ilmunya

waw tampilan baru ya sob..txtnya asik,, sekarang banyak yang bahas css

makin lama makin keren nie tutorialnya

Wah mantabz Sob......tapi aku udah ga mau ngeribah Templateku Sob hhe......makasih info'y...

oke sob...!!! triknya manteb2......!!!

betul...betul...ternyata di sini banyak trik yg menarik
sukses slalu kawan

kunjungan malem mas....

assalamualaikum

wah triknya tambah mantab aja kawan..

tapi kalo pake teknik ditukar begitu bukannya sidebar malah lebih dahulu di-load sebelum content??malah tambah memperlambat loading blog....

@Artikel Islami >> benar sekali mas, selain itu katanya juga g seo friendly....

wah.....harus di save as info nya sob...
penting banget neeh..

kalau dua sidebar gimana merubahnya. sebab saya rubah sidebar dua berad di sebelah kanan nggak mau ditengah

@GP ANSOR TANJUNG JABUNG BARAT >> lakukan aja sob langkah seperti di atas, pada intinya berapapun sidebarnya kalau ingin di rubah posisinya, hanya pada float-nya saja

tfs sob...
oia sob, kalau untuk membuat elemen baru biar satu dikanan satu di kiri dengan posisi tinggi dari top sama itu bagaimana y sob?